Oleh: Rijal Mumazziq Zionis

Chhichhore memang tidak semenggugah 3 Idiots, namun film ini tidak kalah asyiknya dinikmati bersama film yang berkaitan dengan pendidikan lainnya: Taare Zamen Par, Hindi Medium, Hichki, Super 30, dan Ratchaasi.

Film ini bermula saat seorang remaja, Raghav, tiba-tiba menjatuhkan diri dari balkon apartemen setelah mengetahui dirinya tidak lulus di kampus bonafide yang dia inginkan. Dia putus asa. Khawatir dirisak sebagai pecundang, akhirnya, bunuh diri jadi pilihan.

Anni (Sushant Singh Rajput) dan Maya (Shraddha Kapoor), ortu remaja ini berusaha menyelamatkan anaknya yang sekarat. Caranya, mengisahkan cerita lucu dan konyol semasa keduanya kuliah. Meski kesadarannya tidak stabil dan hanya bisa terbaring di atas ranjang, namun anaknya bisa merespon dengan baik cerita yang disampaikan. Hingga, Anni berinisiatif memanggil para sahabatnya semasa kuliah, dan membantu memulihkan mental dan psikis anaknya yang hancur.

Di sinilah cerita bermula. Kekonyolan, kelucuan dan solidaritas perkawanan saat kuliah menjadi potongan-potongan adegan yang asyik. Tentang persahabatan, pengkhianatan, dan solidaritas tim. Serta bagaimana bersikap “biasa” saat menemui kegagalan.

Chhichhore yang berarti kurangajar, memberi pesan jangan hanya mempersiapkan diri jika berhasil, melainkan juga bersiap jika menemui kegagalan agar tidak depresi.

Rating film ini bagus. Sutradara Nitesh Tiwari, yang berperan besar dalam kesuksesan film Dangal cukup apik menjaga ritme film ini. Sushant Singh Rajput perannya bisa hidup, tidak sekadar pelengkap penderita sebagaimana di film P.K. Soal Maya, yang diperankan Shradda Kapoor, juga oke. Dia mewarisi bakat akting bokapnya, Shakti Kapoor yang di era 1990-an selalu jadi penjahat maupun pelawak konyol.

Bagi yang lagi bosen di akhir pekan, bolehlah film ini dijadikan teman menghabiskan waktu. Saya rekomendasikan.

2 COMMENTS

  1. NoBar enak tu… ditemani kopi di Oase ….
    Tapi dari Tuban ke Oase sekitar 3 hari 3 malam
    Jadi aku nonton dari sini aja ya…. sayang uang sakunya tidak cukup untuk hijrah 3 hari 3 malam 😫👍

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here