Tak terasa, sudah hampir lima bulan lebih kita bertahan #dirumahsaja tanpa aktivitas seperti biasanya. Banyak hal yang harus tertunda, gagal, bahkan dialihkan. Namun, ada yang masih tetap terjamin kecantikannya disetiap waktu, Fenomena Langit Malam.

Ada setidaknya, sepuluh fenomena cantik di langit yang dapat kita amati, selama bulan Agustus ini. Beberapa dapat kita amati dengan mata telanjang, dan beberapa lagi memerlukan bantuan teleskop. Apa saja sih peristiwa langit yang bisa kita nikmati bulan ini? Berikut, penulis rangkumkan dari infoastronomy. Semoga bisa menjadi pilihan wisata langit #dirumahsaja bagi teman-teman.

01 Agustus 2020
Sudah lewat memang, di 01 Agustus kemaren kita dapat menyaksikan konjungsi Bulan-Jupiter. Dalam pendekatan astronomi, konjungsi berarti posisi satu garis lurus pada objek benda langit. Konjungsi Bulan-Jupiter ini menandakan posisi Bulan yang bersebelaham dengan Jupiter ketika diamati di langit malam. Kondisi ini berlangsung sejak matahari terbenam, posisi keduanya di sisi langit bagian timur, dan bertahan hingga matahari terbit pagi tadi.

02 Agustus 2020
Konjungsi Bulan-Saturnus
Eitss, jangan khawatir. Jika terlewat satu fenomena tadi malam. Karena hari ini, si cantik planet bercincin akan menemani Bulan di langit timur. Sejak matahari terbenam, hingga esok harinya. Sayangnya, kita memerlukan teleskop untuk dapat mengamati cincin manis Saturnus lebih dekat. (Meskipun belum ada cincin dijari manis yang melekat😂)

03 Agustus 2020
Fase Bulan Purnama
Bulan purnama akan muncul di ufuk timur ketika matahari terbenam Tepatnya berada pasa fase puncak pada pukul 22.59 WIB. Semoga, langit cerah dan kita semua dapat menikmati purnama yang indah. Bulan Purnama terjadi ketika bulan sudah mencapai setengah dari titik orbitnya terhadap Bumi

09 Agustus 2020
Konjungsi Bulan Mars
Lagi-lagi, malam ini Bulan tidak jomblo. Dia ditemanin planet tetangga kita, Planet Merah, Mars yang menawan akan berada tiga derajat dari bulan pada tengah malam. Dan akan menemani Bulan di langit hingga esok harinya pula.

11 Agustus 2020
Fase Bulan Perbani Akhir
Pada fase ini bulan akan terbit sejak tengah hari, biasanya kita dapat melihat bulan di langit biru siang hari. Pada fase ini bulan hanya tampak setengah. Dan tenggelam pada tengah malamnya pada pukul 23.45 WIB

12 Agustus 2020
Hujan Meteor Perseid
Pada pukuk 03.00 disetiap daerahmu, menghadaplah ke arah timur laut. Ada sekitar 80an meteor yang dapat diamati pada puncak hujan meteor kali ini. Apakah berbahaya bagi kita di bumi? Tentu saja tidak, masih aman karena jaraknya yang sangat jauh dari bumi. Sehingga kita dapat menikmati dengan membahagiakan pada dini hari yang sepi.

15 Agustus 2020
Konjungsi Bulan-Venus
Sebelum habis dan berganti bulan baru. Kali ini dilangit bulan Tsabit fase akhir akan ditemani Planet Venus. Planet ini merupakan planet yang paling sering kita amati seperti bintang di ufuk timur tiap awal pagi

19 Agustus 2020
Fase Bulan Baru
Bulan baru dibulan Agustus ini menjadi pertanda pergantian tahun hijriah, menjadi 1442H, ya tepat tanggal 1 Muharram 1442H. Bulan baru secara astronomis akan muncul pada pukul 09.42 WIB.

26 Agustus 2020
Fase Bulan Perbani Awal
Satu minggu setelah fase bulan baru, Bulan telah mancapai titik seperempat terhadap orbitnya, Bumi. Pada fase ini bulan akan tampak separuh saja di langit. Bulan ini terbit sekitar pukul 00.58 WIB dan terus berada dilangit hingga esok harinya.

29 Agustus 2020
Segitiga Bulan-Jupiter-Saturnus
Jika sebelumnya konjungsi terjadi antara bulan dan salah satu planet. Kali ini sejak matahari terbenam di langit timur akan tampak segitiga yang dibentuk antara Bulan-Jupiter-Saturnus. Kondisi ini dapat di amati hingga selepas subuh esok harinya.

Semua kondisi langit cantik ini mampu diamati oleh kita diseluruh wilayah di Indonesia, karena posisi kita yang berada pada garis khatulistiwa dan mampu menikmati bentang langit yang lebih luas. Dengan syarat, pada kondisi tertentubkita memerlukan teleskop dan juga langit sedang cerah pun begitu hati kita disetiap malamnya✨

*disarikan dari konten infoastronomy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here