Seperti yang kita tahu pandemi yang mulai muncul di Indonesia pada Maret 2020 hingga saat ini, telah berdampak dalam perekonomian masyarakat di seluruh dunia. Indonesia adalah salah satunya yang sampai akhirnya muncul kebiasaan normal baru, dengan alternatif yang telah di tetapkan oleh pemerintah yaitu PSBB telah di atur dalam Peraturan Pemerintah No 21/2020 tentang pembatasan sosial berskala besar secara bertahap untuk mengurangi penularan Covid-19 di Indonesia. Untuk itu pandemi bukan lagi alasan untuk kita hanya menunggu bantuan dan bermalas-malasan untuk tidak bekerja tentunya. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta memcuci tangan memakai sabun. Kebiasaan baru itu harus kita terapkan untuk mencegah penularan covid 19. Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru saja ditemukan di akhir tahun 2019 lalu dengan penyebaran yang sangat cepat.

Melihat morat maritnya perekonomian, sangat di perlukan skill dan pengetahuan. Masyarakat di desa Badal dan Badalpandean mulai membudidayakan sayur kemangi karena hasil yang didapatkannya lumayan besar dan cepatnya pembudidayaan menuju tahap panen. Selain itu di pasar sayur kemangi saat sedang banyak barang dapat dihargai Rp 2500/kg namun disaat kekurangan barang harga sayur kemangi bisa mencapai Rp 15.000/kg. Hasil itu sangat menguntungkan untuk para petani dan pengepul kemangi dengan hasil 1 hektar tanah bisa mencapai 10 ton.

Selain itu budidaya kemangi yang dilakukan masyarakat juga di karenakan membludaknya perkembangbiakan hewan tikus di sawah yang menyerang tanaman para petani. Sebelum pembudidayaan kemangi, hampir semua petani menanam jagung di musim kemarau dan menanam padi dimusim penghujan. Selain itu juga menanam pohon Tebu, namun petani sering rugi karena tanaman padi, jagung dan tebu itu menjadi sasaran tikus dan sering petani hanya memanen sisa dari tikus. Untuk itu para petani menanam kemangi yang tidak menjadi incaran para tikus.

Kemangi merupakan jenis sayuran yang memiliki aroma wangi khas dengan tanaman yang menggerumbul daun berwarna hijau dan bunga yang memanjang keatas berwarna putih. Kemangi jenis lokal merupakan jenis kemangi yang di budidaya oleh masyarakat dan di panen daunnya saja. Masyarakat Indonesia sering menggunakan sayur ini sebagai lalapan, selain itu juga banyak yang menggunakannya sebagai campuran sayur tertentu untuk menambah aroma wangi khas darinya.

Cara penanaman sayur kemangi dengan lahan yang begitu luas yakni harus dengan adanya biji kemangi yang didapat dari kemangi yang sudah berbunga panjang dan banyak akan di panen dan di keringkan di bawah sinar matahari secara langsung sampai benar-benar kering dan semua bagian kemangi menjadi coklat keemas-emasan. Setelah kemangi sudah benar-benar kering rontokkan bunganya, di dalam bunga kemangi akan ada biji kecil berwarna hitam. Biji itu yang siap ditanam langsung di lahan pertanian. Biji kemangi juga memiliki harga jual yang lumayan mahal. Dalam 1kg bibit kemangi di musim banyak kemangi bisa dihargai 80 000/kg namun disaat sedikitnya barang harganya bisa lebih mahal dua kali lipat.

Untuk membudidayakan sayur kemangi dengan skala besar kita perlu lahan yang luas dan bersih dari rumput liar kemudian tanah di hamburkan dengan cara di cangkul atau di traktor. Setelah itu di bentuk bedengan persegi panjang dengan luas sekitar satu meter dengan jarak antara bedengan sekitar 30cm dengan tinggi bedengan sekitar 30cm juga. Jarak antar bedengan digunakan untuk pengairan, karena kemangi termasuk tanaman sayuran yang memerlukan lumayan banyak air. Setelah itu beri garis tipis di bedengan untuk meletakkan biji kemangi. Jarak antara garis satu dengan yang lain cukup 5-10cm saja. setelah lahan siap, tanah dilahan disiram dengan air. Jadi, biji kemangi diicirkan di lahan dengan keadaan tanah yang basah.

Setelah selesai meanam biji kemangi dibiarkan 1 hari lalu pengairan dilakukan dengan mengalirkan air di jarak antara bedengan. Setelah satu minggu kemudian, dipupuk dengan pupuk nitrogen 100kh/Ha tak lupa melakukan pengairan juga setelah memupuk. 15 hari setelah menanam lalu menyiangi dan setelah umur 25 hari pemupukan kedua dilakukan dengan pupuk MPK dan diairi. Selain di pupuk jangan lupa menyemprot sayur kemangi dengan obat pupuk daun dengan selang waktu 3 hari sekali. Lalu di umur 35 panen.

Penyakit yang ada di sayur kemangi biasanya adalah jenis jamur yang menyerang bagian daun dan cara mengatasinya dengan cara menyemprotkan obat fungisida. Selain jamur, penyakit yang juga menyerang adalah ulat berwarna hijau dan juga belalang kecil. Cara mengatasinya dengan penyempotan obat insektisida.

Sejak umur 35 hari setelah penanaman, sayur kemangi siap untuk di panen. Dengan cara dipotong dengan menyisakan batang sekitar 20 cm agar pohon kemangi dapat bersemi kembali dan dapat dilakukan pemanenan hingga 2-3 kali dengan masa pertumbuhan 20-25 hari dengan pemupukan dan pengairan yang sama.

Dalam sehari waktu panen petani dapat memanen 200-300Kg yang di kemas 1-5Kg yang akan dibawa pengepul ke pasar grosir dengan harga 2000/kg-10.000/kg harga untuk petani. Untuk itu dengan menanam sayur kemangi di massa pandemi dan untuk menghindari serangan tikus, sayur kemangi merupakan satu dari beribu solusi memulihkan ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here