Gempa Bumi; Indonesia dan Jepang Menyikapinya

0
124

Ilustrasi oleh: Yuyun Nailufar

Akhir ini, gempa bumi di Indonesia kerap terjadi, secara tiba-tiba tanpa ada himbauan. Tsunami di Palu, Donggala, Banten hingga Lampung. Tidak hanya itu, anak gunung krakatau pun menyemburkan isi perutnya.

Anehnya, gempa bumi di Indonesia hanya menjadi empati dan kesedihan belaka. Alih alih menyebut nama Tuhan dan menyalahkan tingkah manusia yang bermaksiat. Bukan menjadi sebuah refleksi besar akan kepincangan pembangunan dan nalar kritis manusia.

Berbeda dengan di Jepang, paska tsunami 2011, mereka berbondong-bondong membangun dan melestarikan kawasan pesisir dengan pepohonan. Jepang dengan cepat melakukan revitalisasi kawasan pesisir dengan meninggikan dataran dari permukaan laut, membuat bendungan dan menanami pohon-pohon besar di sekitarnya. Mereka tidak mau kena sial kedua kalinya.

Semoga republik ini bisa bangkit dari bencana yang terus melanda. Tidak ada lagi kata alat pengukur gempanya rusak, ilmuwannya memberikan data yang tak valid dan korupsi di birokrasinya. Mau berbenah atau mau membunuh berapa orang lagi??

Ilustrasi karya Yuyun Nailufar

#gempabumi #tsunami2018 #indonesiabangkit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here