Baper chapter tiga kali ini bersama dengan salah satu Guru Besar Sastra UM, Prof. Joko Saryono. Masih membahas sastra puisi, Prof. Joko menjelaskan secara panjang lebar terkait Sejarah Perkembangan Sastra di Dunia, tidak sebatas di Indonesia.

Fungsi awal sastra adalah sebagai ritual keagamaan. Dimana dapat dikatakan karya sastra yang baik adalah yang dapat menghibur dan mendidik. Pada awal munculnya semua karya sastra adalah puisi dikenal dengan puisi epik/lirik adalah bentuk puisi yang bercerita seperti cerpen. Sedangkan, cerpen adalah temuan baru lebih tua dari puisi. Puisi terpanjang yang pernah ditemukan berasal dari Kerajaan Sumeria berjudul “Gilgamesh“. Secara mendasar sastra adalah puisi, itulah mengapa disebut dengan Sastra Puitika.

Pada perkembangannya puisi mengalami penyempitan, menjadi puisi dalam makna sempit, cerpen, novel dan juga roman (yang banyak berkembang di Barat). Sastra juga dibagi lagi menjadi sastra fiksi dan sastra non-fiksi seperti essay maupun kolom. Belakangan ini muncul juga istilah fiksi ilmiah. Selain itu, lagu juga merupakan bagian dari puisi.

Penulisan puisi, merupakan sebuah kebebasan, namun tetap yang berhak merevisi puisi adalah penulisnya sendiri. Sedangkan kedudukan editor, adalah yang membuat karya sastra akan terkenal.

Pada zaman dahulu, puisi berupa puisi lisan dan diingat, sehingga fungsi puisi ditulis untuk dipentaskan. Pemnetasan puisi ini juga bertujuan untuk pembatasan informasi dan pembatasan kelas sosial. Dalam penulisan puisi, formula larik berfungsi untuk mempermudah dan menguatkan ingatan pembaca (Repitisi kata). Karena unsur keindahan dalam puisi adalah ritme dan keselarasan. Puisi modern saat ini cenderung mengutamakan kebaruan dan keunikan.

***

Sedikit semoga bermanfaat untuk terus menuangkan tinta-tinta keabadian selama masih diberikan nikmat hidup oleh Tuhan.

***
Untuk datang dan bergabung di acara Baper cukup datang saja di Oase Cafe and Literacy sesuai jadwal yang aan di share, serta diwajibkan membawa satu karya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here