Susu menjadikan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi meliputi protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Konsumsi susu di Indonsia masih tergolong rendah, termasuk produk olahan yang mengandung susu. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya konsumsi susu adalah belum berkembangnya industri pengolahan susu.

Saat ini, pengetahuan dan teknologi berkembang pesat yang mana sangat memungkinkan untuk mengembangkan industri pengolahan susu. Pengolahan susu dilakukan supaya memperoleh produk susu yang bervariasi, berkadar gizi yang tingi, berkualitas tinggi serta tahan lama.  Salah satu bentuk industri pengolahan susu yaitu keju mozzarella.

Keju mozzarella merupakan keju yang memiliki tekstur lembut dan mulur elastis apabila terkena panas. Pada pembuatan keju mozzarela memerlukan pemanasan dengan suhu optimum yaitu 75-85oC. Suhu pemuluran sangat berpengaruh pada pematangan keju mozzarella. Perbadaan suhu atau ketidakstabilan suhu pemuluran akan berpengaruh terhadap hasil produksi keju mozzarella. Maka dari itu, diperlukan teknologi untuk proses produksi keju mozzarella yang digagas oleh empat mahasiswa Universitas Brawijaya yaitu Ratri Ike Rachmaningtyas Kai, Mariatul Qibtiyah, Lucky Wiratama, dan Ricky Irfandi.

D-HEROES suatu alat modifikasi mesin strecher yang dilengkap dengan Controlled Heat dan heat exchanger menggunakan pemanasan dengan water heater dengan pompa bertekanan tinggi sehingga suhu air yang digunakan pada proses pemuluran keju dapat stabil. D-HEROES dengan sistem pressure akan medorong air mengalir dari tandon yang berisi air panas menuju strecher secara otomatis dan dikontrol dengan pengontrol suhu untuk mengetahui kestabilan suhu pada proses produksi.

Kebaruan dari alat ini yaitu alat strecher yang dimodifikasi dengan penambahan penyetabil suhu heat exchanger pada proses pemanasan air sehingga proses pemanasan air tidak memerlukan waktu yang lama serta pompa bertekanan untuk memberikan tekanan pada debit air supaya dapat mengalir dengan baik sehingga proses pembuatan keju dapat lebih cepat dan efektif  optimal. Prinsip kerja dari alat ini yaitu,  dimulai dari (1) air dingin yang berada didalam tendon dilakukan pemasan. (2) Air tersebut akan dialirkan menuju water heater untuk proses pemasasan air (3) Kemudian air akan dikontrol dengan penyetabil suhu heat controller (4) Selanjutnya dialirkan ke dalam mesin strecher untuk proses produksi keju.

Penerapan D-HEROES terbukti dapat meningkatkan produktivitas yang semula 30kg/jam menjadi 48kg/jam. Proses pemanasan yang semula dilakukan selama 1 jam 30 menit, dengan D-HEROES menjadi 30 menit. Proses pemuluran menjadi lebih cepat yang semula 2 jam menjadi 75 menit. Konsumsi bahan bakar rendah yang sebelumnya 1 buah tabung LBG dapat digunakan untuk 2 kali produksi, dengan D-HEROES dapat digunakan untuk 6 kali produksi. Kestabilan suhu proses pemuluran dengan adanya D-HEROES menjadi bisa dikontrol

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here